Lomba Masak SKPD dan Instansi di Siring Laut Kotabaru, Berikut Juaranya

(Foto: istimewa)

Baca: Fatma yang Buka Festival Kuliner Kotabaru

Festival Kreatif Kuliner yang lombanya dilaksanakan di Siring Laut Kotabaru itu, hari ini dilaksanakan lomba memasak SKPD dan instansi berbahan dasar singkong.

Kegiatan ini salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru dalam memajukan wisata di bidang kuliner.

Tujuannya untuk memasyarakatkan pangan lokal dengan memanfaatkan bahan di sekitar menjadi olahan pangan yang bergengsi dan berdaya saing.

Ketua Indonesian Chef Association BPD Kalsel Chef  Didi Prawiro dan dari ICA BPC Kotabaru Muhammad Novie sebagai juri menuturkan, salah satu kriteria penilaian yang dilihat dari komposisi gizi dalam makanan olahan singkong, karena singkong banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kesulitan tersendiri saat diolah.

"Ada lima aspek kriteria yang kita nilai di sini yaitu, meliputi kreativitas dan kebersihan, teknik memasak, konstum dan terutama citra rasa serta garnish. Karena menyesuaikan dan kita cari rasa yang memang khas singkong tersebut dan komposisinya harus 50 persen lebih banyak dari pada bahan lainnya. Selain itu, kita saat penilaian memberikan metode teknik cara memasak saat mereka mengolah bahan makanan itu sehingga saat nanti mereka mewakili ke tingkat provinsi atau lainnya bisa semakin percaya diri," katanya.

Chef dari ICA BPC Kotabaru Muhammad Novie mengharapkan agar lebih mengangkat menu masakan khas Kabupaten Kotabaru.

"Agar lebih mengangkat menu-menu atau bahan yang menjadi ikonik untuk Kotabaru sehingga menciptakan menu atau masakan identitas khas dari Kabupaten Kotabaru,"ungkapnya.

Sebelumnya, Chef Brian Wicaksono Runner Up MasterChef Indonesia S3 bersama Chef Didi Prawiro (Ketua ICA Kalsel), Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana didaulat menjadi salah satu dewan juri dalam lomba menu kreatif khas Kotabaru, dengan tujuan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan UMKM dan melestarikan menu nusantara khususnya masakan khas Kotabaru. Selain itu, untuk memperkenalkan kuliner khas Kotabaru agar dikenal di Indonesia. Lombanya, pada Sabtu, 4 Mei 2024.


Pada puncak acara Festival Kreatif Kuliner  2024, Sabtu (04/05/2024), Chef Brian Wicaksono memamerkan kebolehannya dalam meramu berbagai minuman. 

Acara juga diisi talkshow bersama dua Chef yang menjadi dewan juri dalam lomba menu kreatif kuliner khas Kotabaru yakni, Chef Brian Wicaksono runner up Masterchef Indonesia dan Chef Didi Prawiro Ketua ICA Kalsel.

Ditambah penampilan Fatin artis dari Ibu Kota Jakarta, pada Sabtu (04/05/ 2024) malam, tampil di puncak acara Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan, menjelaskan semua peserta ini sudah ikut serta menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru.

"Dalam Festival Kuliner ini sudah dilaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba Menu Kreatif Kuliner, Lomba Bazar Produk Kreatif Kuliner dan hari ini lomba masak SKPD dan instansi berbahan dasar singkong, yang mana bapak ibu sekalian semua sudah ikut menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru yaitu, wisafa kuliner," tuturnya.

Selain itu, dia menyampaikan imbauan Bupati Kotabaru untuk ikut menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke- 74 Tahun.

"Adapun tema Hari Jadi Kabupaten Kotabaru yang ke-74 yaitu, Man-julang Manuntungakan Amanah-Manuju Kotabaru Gemilang (pencapaian tertinggi dalam sebuah proses yang nampak dan sangat terlihat menonjol ke permukaan), baik pribadi maupun instansi kita diimbau Bupati Kotabaru untuk memasang logo Hari Jadi Kabupaten Kotabaru di tempat-tempat kita berada untuk memeriahkan Harjad ke-74 di setiap kegiatan, dan filenya bisa diminta di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru," katanya.

Adapun lomba memasak SKPD dan intansi ini diikuti 28 peserta yang terdiri dari SKPD, instansi dan sekolah.

Sementara, lomba bazzar Juara I Kecamatan Kelumpang Hilir, Juara II Kecamatan Pulau Laut Utara dan Juara III Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Sedangkan, Lomba Menu Kreatif Kuliner Juara I  nomor peserta 11 dengan Lebon Saijaan, Juara II peserta nomor 02 dengan tema Puding Ubi Sebelimbingan dan Juara III nomor urut 05 dengan Pasbabon.

Lomba masak SKPD dan instansi Juara I Jalasenastri Kotabaru, Juara II Kecamatan Pulau Laut Sigam, Juara III Satpol PP Kotabaru dan Harapan I Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Masak SKPD dan Instansi di Siring Laut Kotabaru, Berikut Juaranya"

Posting Komentar